www.AlvinAdam.com

Majalah Peluang Bisnis

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Bisnis: Kemenhub Dorong BUMN dan Swasta Kelola Pelabuhan dan Bandara

Posted by On 2:43 PM

Kemenhub Dorong BUMN dan Swasta Kelola Pelabuhan dan Bandara

Kemenhub Dorong BUMN dan Swasta Kelola Pelabuhan dan Bandara - JPNN.COM

Gedung Kementerian Perhubungan. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan mendorong pihak BUMN/D dan swasta untuk mengelola pelabuhan dan bandara di Indonesia dengan skema Kerja sama Pemanfaatan (KSP) dan Kerjasama Operasional (KSO).

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai melakukan video conference tentang kerja sama pemanfaatan pelabuhan dan bandara di Gedung Karya Kemenhub pada Selasa (5/9).

Budi mengatakan, dengan adanya kerja sama tersebut, maka dampak pekerjaan yang dihasilkan akan lebih baik, lebih besar dan s ignifikan.

“Bapak Presiden selalu ingin membuat APBN itu efektif. Dengan dukungan swasta, pekerjaan-pekerjaan akan memberikan dampak yang lebih baik, lebih besar dan signifikan,” ujar Budi.

Dia menambahkan, kerja sama tersebut bisa mengurangi pengeluaran belanja di daerah. Sebagai contoh, Bandara Tanjung Karang.

Setiap tahunnya Kemenhub keluarkan anggaran untuk perawatan, belanja, dan lainnya, hanya saja kata Budi, income yang didapat kecil. Untuk itu, dengan adanya kerja sama dengan swasta, maka dana APBN bisa dialokasikan ke bandara dan pelabuhan lain.

“Kita ketahui pemerintah butuh dana untuk membangun daerah terluar dan terpinggir. Dengan melakukan (kerja sama) ini, nanti APBN, belanja barang, belanja modal, juga SDM, yang tadinya kami alokasikan untuk pelabuhan dan bandara tersebut, bisa kami alihkan ke pelabuhan dan bandara lain yang lebih kecil,” tutur Budi.(chi/jpnn)

  • 1
  • 2
  • Next
Sumbe r: JPNN

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »