Mobile Menu

navigasi

More News

Investasi: Investor Tiongkok Tertarik Tol Trans Jawa

Selasa, Oktober 03, 2017
Investor Tiongkok Tertarik Tol Trans Jawa

Investor Tiongkok Tertarik Tol Trans Jawa - JPNN.COM

Ilustrasi jalan tol. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memastikan akan ada tiga proyek infrastruktur besar yang dibangun dengan anggaran di luar APBN.

Pembangunan proyek-proyek tersebut menggunakan Skema pembiayaan investasi non-anggaran pemerintah atau PINA.

”Ada sebagaian ruas Tol Trans Jawa, pembangkit listrik di Aceh, dan bandara internasional Kertajati. Tiga proyek itu,” kata Bambang kepada wartawan saat ditemui di Jakarta Convention Center (JCC) kemarin (2/10).

Bambang menambahkan, proyek-proyek tersebut sudah ada peminatnya. Sebuah perusahaa n asal Tiongkok Huaqing Housing Holding Co. Ltd, kata Bambang, sudah mengungkapkan ketertarikan untuk berinvestasi di proyek Tol Trans Jawa.

Namun, untuk kepastiannya masih belum diputuskan karena harus melalui proses terlebih dahulu.

”Kepastiannya masih pertengahan atau akhir Oktober. Kami berharap, sebelum akhir tahun sudah deal,” tutur alumnus Universitas Indonesia itu. Ditanya mengenai nilainya, Bambang mengatakan, nilainya sudah ada. Sesuai dengan ketersediaan dari pihak investor. ”Ini juga disesuaikan dengan yang dibutuhkan Waskita,” ucapnya.

Rencana tersebut sesuai target awal Presiden Joko Widodo yang tidak ingin pembangunan infrastruktur terlalu bergantung kepada APBN. Sebab, kemampuan fiskal pemerintah amat terbatas.

Dalam sejumlah kesempatan, presiden mengingatkan bahwa biaya infrastruktur yang diprogramkan pemerintah selama lima tahun mencapai Rp 5.000 triliun. ’’APBN kita hanya mampu membiayai sekitar Rp 1.500 triliun,’’ ujarn ya.

  • 1
  • 2
  • Next
Sumber: JPNN
Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar