TS Global Network Jadi Pelanggan Baru Satelit Telkom 4

TS Global Network Jadi Pelanggan Baru Satelit Telkom 4 Peluncuran satelit Telkom - youtube/arianespace.com Bisnis.com, JAKARTA - PT Telek...

TS Global Network Jadi Pelanggan Baru Satelit Telkom 4

Peluncuran satelit Telkom - youtube/arianespace.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk akan menyiapkan TS Global Network Sdn Bhd (TSGN) sebagai pelanggan baru Satelit Telkom 4 setelah mencaplok sebesar 70% saham perusahaan penyedia satelit asal Malaysia itu senilai Rp356,025 miliar.

TSGN merupakan penyedia VSAT dengan menggunakan transponder satelit MySAT-1. Satelit itu dimiliki bersama dengan APT Satellite, operator satelit asal Hongkong lewat skema condosat.

Direktur Digital and Strategic Portofolio Telkom, David Bangun mengemukakan TSGN kini menggarap sejumlah pasar seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Myanmar. Telkom menargetkan perusahaan itu akan berekspansi sehingga dalam be berapa tahun lagi membutuhkan tambahan transponder selain MySAT-1.

"Sekarang saja sudah ada 2.000 lebih titik VSAT. (Kalau ada tambahan VSAT baru) Kemungkinan besar nanti TSGN akan menggunakan Satelit Telkom 4, " tuturnya kepada Bisnis, Minggu (26/11/2017).

Dia memprediksi ekspansi itu akan berlanjut karena perusahaan ini sudah disiapkan sebagai regional di Asia Tenggara. Selain pasar negara tetangga, TSGN rencananya akan melayani pasar Indonesia mengingat banyaknya perusahaan asal Malaysia yang beroperasi di Indonesia.

"‎Tujuan Telkom mengakuisisi TSGN adalah sebagai wujud keseriusan Telkom untuk menggarap pasar satelit yang semakin potensial di masa depan," katanya.

Telkom melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) telah menyepakati pembelian mayoritas saham TSGN sebesar 49% untuk tahap pertama dan setelah ada persetujuan dari badan regulasi Malaysia, Telkom akan melanjutkan pembelian saham tahap ke dua hin gga mencapai posisi 70%‎ senilai Rp356,025 miliar.

‎Satelit Telkom 4 sendiri rencananya akan diluncurkan pada Agustus 2018 di slot orbit 108 derajat bujur timur yang saat ini digunakan Satelit Telkom 1. Satelit tersebut memiliki kapasitas transponder dua kali lebih besar dari sebelumnya yaitu 60 transponder dengan jangkauan hingga ke India.

Satelit Telkom 4 diluncurkan untuk menggantikan Satelit Telkom 1 yang hilang koneksi dan sudah berusia lebih dari 15 tahun beroperasi di luar angkasa. Satelit Telkom 1 itu hanya memiliki kapasitas 36 transponder‎ dengan pelanggan sebanyak 63 pelanggan.

Sementara itu, VP Investor Relation Telkom, Andi Setiawan mengatakan Telkom dan TSGN telah bekerja sama‎ dalam bisnis layanan komunikasi satelit sejak 2010. Akusisi tersebut menurutnya akan meningkatkan sinergi serta pendayagunaan aset dan sumber daya antar perusahaan dalam rangka memberikan layanan yang lebih inovatif untuk pelanggan.

"Kemitraan ini adalah upay a kami dalam mengembangkan pasar regional sekaligus merealisasikan visi kami untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital" ujarnya.

Senada disampaikan Direktur Utama Telin, Faizal R. Djoemadi mengakui bisnis satelit saat ini dinilai tidak kenal batas negara. Menurutnya, Telin membutuhkan mitra berpengalaman yang telah existing di pasar regional, karena itu Telin dan TSGN bekerja sama untuk memperluas pasar satelit komunikasi, baik di Malaysia maupun kawasan regional lainnya.

“Akuisisi TSGN juga sejalan dengan visi Telin untuk menjadi Global Digital Hub. Aksi korporasi ini juga diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi Telin dalam hal akses ke enterprise market regional, khususnya Malaysia, Brunei dan Myanmar,” tuturnya

Tag : telkom Editor : Martin SihombingSumber: Google News Bisnis Indonesia

COMMENTS

Name

Bisnis,108,Industri,22,Investasi,31,Makro,28,Otomotif,16,Pajak,7,Produk,16,Properti,12,Syariah,8,UMKM,9,
ltr
item
Majalah Peluang Bisnis: TS Global Network Jadi Pelanggan Baru Satelit Telkom 4
TS Global Network Jadi Pelanggan Baru Satelit Telkom 4
http://img.bisnis.com/thumb/posts/2017/11/26/712816/satelit-telkom-3-youtube-arianecom-.jpg?w=600&h=400
Majalah Peluang Bisnis
http://www.majalahpeluangbisnis.com/2017/11/ts-global-network-jadi-pelanggan-baru.html
http://www.majalahpeluangbisnis.com/
http://www.majalahpeluangbisnis.com/
http://www.majalahpeluangbisnis.com/2017/11/ts-global-network-jadi-pelanggan-baru.html
true
9162307026380827218
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy