Mobile Menu

navigasi

More News

Bisnis: Kementan Gelar Bimtek KUB Pemuda Tani

Minggu, September 17, 2017
Kementan Gelar Bimtek KUB Pemuda Tani

Kementan Gelar Bimtek KUB Pemuda Tani - JPNN.COM

jpnn.com, BEKASI - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) saat ini tengah fokus mewujudkan Nawacita pemerintahan Jokowi-JK, yakni mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani.

Caranya dengan membentuk Kelompok Usaha Berusaha (KUB) yang dilaksanakan dalam program Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempitan).

Terkait hal ini, BPPSDM melalui Gempita Kementan menggelar Bimbingan Teknis Kelompok Usaha Bersama (KUB) kepada 180 manajer pemuda tani se Indonesia di Bekasi, Minggu (17/9).

Hadir pada kegiatan ini, Kepala BPPSDMP Kementan, Momon Rusmono, Tenaga Ahli Menteri Pertanian, Afnan Malay, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Fatan Al Rasyid dan Koordinator Nasional Program Gempita Kementan, Muhammad Riyada.

Kepala BPPSDMP Kementan, Momon Rusmona mengatakan, pembentukan KUB merupakan langkah nyata untuk melakukan pemberdayaan dan regenerasi petani yang menjadi tuhas utama Kementan. Kedua hal ini merupakan ujung tombak untuk merealisasikan Nawacita Jokowi-JK, sekaligus visi Kementan dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

"KUB juga merupakan tindak lanjut atas arahan Presiden untuk membentuk pendampingan bagi Petani agar petani tidak dibiarkan berjalan sendiri-sendiri dengan membangun korporasi petani. Ini sama halnya membentuk KUB di semua daerah," kata Momon.

Pembentukan KUB merupakan solusi untuk menjawab terjadinya penurunan rumah tangga petani. Berdasarkan data BPS pada 2003, terdapat 31 juta rumah tangg a petani. Namun, pada 2013 turun menjadi 26 juta rumah tangga petani.

"Karena itu, dengan adanya KUB ini, kami berharap benar-benar bisa meningkatkan pemberdayaan dan regenerasi petani serta mampu tingkatkan peran kelompok wanita tani," ujar dia.

  • 1
  • 2
  • 3
  • Next
Sumber: JPNN
Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar