Peluang Bisnis

Bisnis: Rini Tunjuk Eks Dirut Mandiri Pimpin Holding BUMN Tambang

Rini Tunjuk Eks Dirut Mandiri Pimpin Holding BUMN Tambang

Rini Tunjuk Eks Dirut Mandiri Pimpin Holding BUMN Tambang - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin ditunjuk sebagai Dirut PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) yang nantinya menjadi holding BUMN tambang.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menjelaskan, Budi ditunjuk untuk memuluskan rencana pembentukan holding perusahaan tambang.

Kabarnya, holding yang akan dipimpin Inalum itu ditugasi pemerintah untuk menyerap saham yang didivestasi PT Freeport Indonesia.

’’Pesan khususnya, holding company nanti betul-betul menjadi holding BUMN tambang yang besar,’’ ujar Rini saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonom ian (Kemenko Perekonomian), Kamis (14/9).

Budi yang kini menjadi salah seorang staf khusus menteri BUMN dinilai sebagai figur ideal untuk menduduki posisi puncak Inalum.

Rekam jejak insinyur fisika nuklir lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, selama ini Budi berada di balik layar dalam negosiasi divestasi 51 persen saham Freeport bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

’’Beliau sangat kapabel. Pernah menjadi Dirut Bank Mandiri, menjadi direktur di Bank Mandiri juga cukup lama. Kami melihat bahwa beliau memang memiliki kemampuan untuk itu. Memang dilihat Inalum sebagai perusahaan holding,’’ jelasnya.

  • 1
  • 2
  • 3
  • Next
Sumber: JPNN

Tidak ada komentar