www.AlvinAdam.com

Majalah Peluang Bisnis

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Investasi: 10 Tol Trans Jawa Beroperasi 2017, Ini Respons Pengusaha

Diposting oleh On Rabu, September 06, 2017

10 Tol Trans Jawa Beroperasi 2017, Ini Respons Pengusaha

10 Tol Trans Jawa Beroperasi 2017, Ini Respons Pengusaha - JPNN.COM

Pembangunan jalan tol. Ilustrasi Foto: Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kalangan pengusaha menanggapi positif rencana pengoperasian 10 ruas jalan tol trans Jawa tahun ini. Tiga di antaranya menghubungkan Surabaya sampai Kertosono.

”Saya rasa kalau pembangunan infrastruktur baru, khususnya jalan tol, akan sangat membantu bagi pengusaha. Khususnya di bidang logistik karena kaitannya dengan kelancaran dan jangkauan pengiriman,” ujar Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita saat dihubungi tadi malam.

Zaldy mengungkapkan bahwa koneksi baru yang tercipta dari jalan tol akan berdampak baik bagi kota-kota kecil yang dilewati.

”Selama ini pemain logistik masih terkendala untuk melakukan distribusi di luar kota besar. Tapi, dengan akses baru, harapannya dapat mempermudah dan meningkatkan ekonomi dengan cepat di daerah tersebut,” ucapnya.

Koneksi yang terbangun juga akan berefek pada harga barang yang dikirim. Selama ini harga jual barang dan ongkos pengiriman dari kota kecil cenderung lebih mahal.

”Kalau harga tidak jauh berbeda dan distribusi lancar, kan artinya pengusaha berpeluang berekspansi dengan bisnisnya. Kami pikir itu bagus. Apalagi nanti jika membayangkan sudah terealisasi sampai Banyuwangi sehingga lebih mudah misalnya ke Bali,” beber Zaldy.

Meski demikian, pengusaha berpesan kepada pemerintah untuk tetap memperhatikan logistik jalur laut di samping menguatkan infrastruktur darat.

”Sebab, saat ini 90 persen logistik menggunakan darat. Apalagi jika infrastruktur darat diti ngkatkan, bisa-bisa jalur laut makin ditinggalkan,” tuturnya.

  • 1
  • 2
  • 3
  • Next
Sumber: JPNN

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »