Peluang Bisnis

Bisnis: Konektivitas Antar Pulau Terus Ditingkatkan

Konektivitas Antar Pulau Terus Ditingkatkan

Konektivitas Antar Pulau Terus Ditingkatkan - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berupaya meningkatkan konektivitas atau keterhubungan antar pulau di Indonesia, salah satunya melalui peningkatkan pelayanan, baik melalui pembangunan kapal perintis yang ditempatkan di seluruh penjuru wilayah Indonesia maupun peningkatan infrastruktur lainnya.

"Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan angkutan laut perintis, baik dari segi jumlah armada kapal, trayek kapal maupun anggarannya," ujar Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Bay M. Hasani, Selasa (3/10).

Dari data yang ada, sambung Bay, pelayanan angkutan laut perintis pada 2016 sebanyak 96 trayek yang dilayani oleh 54 uni t kapal negara dan 42 unit kapal swasta.

Terjadi peningkatan pada 2017, di mana pemerintah melayani 96 trayek angkutan laut perintis, sedangkan 46 trayek dilayani oleh PT. Pelni melalui mekanisme penugasan.

"50 trayek lainnya dilayani oleh perusahaan pelayaran swasta melalui mekanisme lelang,รข€ kata Bay.

Sementara itu, Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri, Capt. Wisnu Handoko mengatakan, penyelenggaraan angkutan laut perintis bertujuan untuk mendorong pengembangan daerah, meningkatkan konektivitas antar pulau dan pemerataan pembangunan serta hasil-hasilnya demi terwujudnya stabilitas nasional yang mantap dan dinamis.

"Secara umum angkutan laut perintis di Indonesia saat ini sudah berjalan lancar dan hanya beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti ketersediaan galangan kapal dan ketersediaan kapal pengganti," kata Wisnu.(chi/jpnn)

Sumber: JPNN

Tidak ada komentar