Mobile Menu

navigasi

More News

Bisnis: Pemerintah Diminta Kurangi Impor Gula Mentah

Selasa, Oktober 10, 2017
Pemerintah Diminta Kurangi Impor Gula Mentah

Pemerintah Diminta Kurangi Impor Gula Mentah - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Khilmi menegaskan pemerintah harus berani mengurangi kebijakan impor gula mentah atau raw sugar karena dinilai memberatkan petani. Bahkan jika perlu perlu menghentikan

"Kami di Komisi VI sedang berjuang bagaimana impor gula dikurangi, jika perlu kita stop," kata Khilmi saat beraudiensi dengan 450 perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Gresik - Lamongan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (09/10).
Khilmi mengatakan adanya impor gula mentah dapat mengancam hasil produksi pe tani tebu dalam negeri. Sisi lain, keberadaan gula rafinasi yang marak beredar di pasaran menyingkirkan gula kristal putih lokal karena harganya yang lebih murah.
"Harusnya Kementerian Perdagangan bisa menghitung kebutuhan riil masyarakat. Gula kita sendiri saja gak bisa diserap masyarakat, tetapi gula rafinasi membanjiri pasar. Jadi, sekarang gula petani ini ada di gudang semua," tuturnya.
Menurut Khilmi, jika pemerintah ingin swasembada gula tercapai, maka harus segera merevitalisasi penuh pabrik-pabrik gula milik BUMN agar semua hasil produksi gula terpakai dan bisa membuka industri turunan baru.
Selain itu, ia menambahkan, produksi dalam negeri bisa saja mencukupi kebutuhan gula nasional sebesar 5,6 juta ton/tahun. Mengingat, kapasitas pabrik raw sugar mampu menghasilkan 7 juta ton/tahun. Sedangkan, kebutuhan raw sugar untuk industri makanan dan minuman (mamin) hanya 2,7 juta ton/tahun.
"Kita akan mendorong untuk swasembada gula, tetapi negeri ki ta sendiri seharusnya berani memberhentikan impor kalau ingin lindungi petani," tutup politisi Gerindra ini.(adv/jpnn)

Sumber: JPNN
Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar