Peluang Bisnis

Genjot Kinerja, Tahun Ini Pelindo III Investasi Rp12 Triliun

Genjot Kinerja, Tahun Ini Pelindo III Investasi Rp12 Triliun

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. - Bisnis.com/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki 2018, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menggelontorkan dana segar sekitar Rp12 triliun untuk investasi di berbagai sektor.

Total dana tersebut akan dipakai untuk membiayai berbagai proyek terbaru perusahaan pelat merah ini.

"Beberapa untuk struktur, infrastruktur, juga super struktur, ... serta ada akuisisi beberapa perusahaan yang ada di pelabuhan," ujar Direktur Utama Pelindo III I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra saat berkunjung ke kantor Bisnis Indonesia di Jakarta pada Selasa (31/1/2018).

Ari, begitu panggilan akrabnya, menjelaskan salah satu y ang menjadi fokus Pelindo III adalah proyek pengembangan Tanjung Benoa di Bali yang diharapkan rampung paling lambat Oktober 2018.

Selain itu, ada proyek integrated container mover (ICM) yang merupakan kerja sama Pelindo dengan pengembang dari Belarusia.

"Pihak Belarusia ini yang mendatangkan teknologinya. Saat ini sedang feasibility study. Patennya nanti kita pegang 50-50 dengan Belarusia," tuturnya.

Proyek tersebut juga merupakan yang pertama kali di Indonesia. Pelindo mengganggarkan Rp2,3 triliun untuk inovasi ini.

Untuk menopang investasi, Pelindo III berharap tahun ini dapat ada kenaikan pendapatan dari bisnis di luar sektor pelabuhan.

"Saat ini 60% masih dikontribusi oleh anak perusahaan dan cucu perusahaan dan bisnis di luar core. Kita harapkan di 2018 bisa membesar sekitar 10% karena banyak bisnis baru di luar kepelabuhanan yang kita mulai dari 2017," tambahnya.

Tag : pelindo iii Editor : M. Syahran W. LubisSumber: Google News Bisnis Indonesia

Tidak ada komentar