Peluang Bisnis

Re-branding Asuransi Jiwa Bumiputera



Proses restrukturisasi Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) memasuki babak baru. Kali ini, terkait dengan PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB).


Baru berumur sekitar setahun, AJB sudah berganti identitas. Perusahaan yang dibentuk sebagai bagian dari proses restrukturisasi Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) ini berganti nama menjadi PT Asuransi Jiwa Bhinneka alias Bhinneka Life.



Direktur Utama Bhinneka Life Albertus Wiroyo membenarkan perubahan nama ini. Sayangnya ia belum mau membuka alasan perubahan nama perusahaan.



"Sekarang sedang agak padat. Kalau sudah longgar akan saya share," ungkapnya, Kamis (25/1).



Perubahan nama perusahaan ini juga dikonfirmasi oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menyebut pihaknya menerima surat pemberitahuan soal perubahan nama menjadi Bhinneka pada pekan kemarin.



Tapi menurut Togar, yang dikirimkan manajemen hanya pemberitahuan soal perubahan nama. Tak dilampirkan dokumen lain semisal salinan dokumen pendukung seperti dari Kemenkum HAM maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK).



"Jadi kami minta manajemen untuk melengkapinya," ungkap Togar.



Tentunya perubahan nama ini menyisakan pertanyaan. Pasalnya dalam proses restrukturisasi AJBB, nama Bumiputera diizinkan dipakai oleh AJB karena nama tersebut punya nilai jual dan historis.



Sebelumnya pengelola statuter AJBB menyebut nama Bumiputera merupakan bagian dari intangible asset alias aset tak berwujud yang dimiliki AJBB. Bila dinilai, seluruh aset tak berwujud yang dimiliki AJBB diklaim mencapai lebih dari Rp 1 triliun.

Sumber: Kontan

Tidak ada komentar